Tuesday, October 3, 2017

Biaya NOTARIS dan KPR di Bank Central Asia (BCA)

Hai Ibu Ibu kece

Kali ini aku mau ngebahas tentang KPR. Pas banget awal bulan kita ngomongin mengenai duit..hehehe  ﹩﹩﹩﹩
Khususnya mengenai biaya biaya apa saja sih yang menjadi tanggung jawab pembeli dan penjual.
Nah, hari ini aku mau jembrengin semuanya nih disini. Disini aku sebagai pembeli nya.
Ini semua berdasarkan pengalaman pribadi ya ibu ibu.
Mumpung belum lupa, aku sharing disini siapa tau ada ibu ibu di luar sana yang lagi mempersiapkan untuk KPR.


Biaya biaya ini saya bagi menjadi 2 (NOTARIS dan BANK) agar menjadi lebih mudah dipahami saja.

A. BIAYA NOTARIS
Kebetulan saya memilih BCA sebagai bank pemberi pinjaman, jadi pihak BANK yang kan menunjuk notaris mana yang sesuai.
Sepertinya tidak banyak notaris yang bisa bekerja sama dengan BCA. Bank yang konon lebih susah ditembus aplikasi kreditnya.
Saya pun merasa sangat beruntung bisa lolos aplikasi nya.
Dengan bunga 6,3% selama 2 th, CAP maks 7,3% selama 3 th dan floating suku bunga kpr bca 6 bulan.
Ada pilihan lebih ringan bunganya, tapi harus hold dana cadangan sebesar 3x cicilan.
Saya gak ambil karna memang mepet dana yang tersedia, jadi saya gak bisa paksakan.
Berikut rincian biaya untuk keperluan di notaris :





Info :
Total NJOP T & B ini diperoleh dari data pembayaran PBB tahun terakhir.
Jadi total biaya notaris yang harus saya bayarkan sebesar

Rp. 22.650.000

B. BIAYA KPR BANK PEMBERI PINJAMAN KREDIT
Berikut rincian biaya untuk keperluan di kpr bank :


Biaya yang harus saya bayarkan ke BCA sebesar

Rp.  5.958.592

Jadi total dana yang harus disiapkan adalah  ± 30juta rupiah.
Sekian dulu ya ibu ibu kece mengenai biaya yang harus di siapkan untuk KPR.
Persiapkan dana yang tepat agar tidak kecolongan pas pengajuan aplikasi KPR.
Semoga sedikit membantu ibu ibu kece ya.

-kecup kecup 😘-

No comments:

Post a Comment

Review Some By Me = AHA BHA PHA 30 Days

Hai ibu ibu kece Baru bisa update lagi di pertengahan tahun 2019 ini. Kali ini aku mau review product yang lagi hype baru baru ini. I...